PROGRAM SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
DISUSUN OLEH :
………………………………………..
KEPALA SD………………
PEMERINTAH KAMPAR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD DIKPORA
TAPUNG HILIR
2012
KATA
PENGANTAR
Puji
dan syukur dipersembahkan ke hadirat
Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat
menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Negeri ……………….
Program
Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Negeri ………….. ini disusun dengan latar belakang
tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai
dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram
Supervisi tahun 20102/2013 ini meliputi Supervisi Manajerial dan
Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan
Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan
administrasi sekolah.
Harapan
kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan efektif dan
bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan
setiap unit kegiatan dan administrasi
sekolah.
Terima
kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun
2011/2012 ini terutama Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya
Program Supervisi ini.
Kotagaro,…………………..
Mengetahui :
Pengawas Pembina Kepala ……………………
M O N O, M.Pd ............................................
NIP.19680106 200009 1001 NIP.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ......................................................................................
KATA PENGANTAR .................................................................................................
DAFTAR ISI ......................................................................................
BAB 1. PENDAHULUAN ......................................................................................
a. Latar Belakang ......................................................................................
b. Landasan Hukum ......................................................................................
c. Tujuan ......................................................................................
d. Ruang Lingkup ......................................................................................
BAB 2. ANALISIS
HASIL SUPERVISI TAHUN 2011/2012 ......................................
a. Analisis Hasil Supervisi Akademis
Tahun 2011/2012 ..........................
BAB 3. RENCANA
PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013 ..........
a. Rencana Supervisi Akademis Tahun
2012/2013 ................................
b. Rencana Supervisi Internal
Manajerial Tahun 2012/2013 .....................
c. Jadwal Kegiatan Supervisi
Akademis Tahun 2012/2013 .....................
d. Jadwal Kegiatan Supervisi
Internal Manajerial Tahun 2012/2013 ..........
BAB 4. PENUTUP ......................................................................................
LAMPIRAN
Instrumen Supervisi
BAB 1
P E N D A H U L U A N
- Latar Belakang.
Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007
menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi
Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi
manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi
sosial.
Penjabaran kompetensi supervisi pada
intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah
merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti
hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan
profesionalismenya.
Mencermati hasil analisis Program
Supervisi Tahun 2009/2010 pada SD Negeri ............... secara umum ditemukan
beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran
sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti : pengembangan indikator dan materi
pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya
penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.
Karena itu dalam rangka melaksanakan
tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program
supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan
yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah
kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan
akademis di SD Negeri ...................
- Landasan Hukum.
- Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah
- Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
- Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
- Tujuan.
Penyusunan Program Supervisi Tahun
2010/2011 pada SD Negeri................ ini bertujuan sebagai berikut :
- Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri .......................
- Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
- Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
- Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri.............. yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah
- Ruang Lingkup.
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2010/2011
pada SD Negeri ................ adalah :
- Supervisi Akademis :
·
Pengembangan
Silabus/Perumusan Indikator
·
Pengembangan
RPP/Materi Pembelajaran
·
Peningkatan
Penguasaan Metode Pembelajaran
·
Peningkatan
Penguasaan Model Model Pembelajaran
·
Peningkatan
Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
·
Pelaksanaan
Pembelajaran
·
BK/Pengembangan
Diri
- Supervisi Internal Manajerial :
·
Administrasi Tata
Usaha
·
Kurikulum
·
Kesiswaan/Ekstra
Kurikuler
·
Sarana/Prasarana
·
Perpustakaan
·
Koperasi
Sekolah/Koperasi Siswa
·
Lingkungan/Budaya
Sekolah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar