Sabtu, 06 Oktober 2012

PROGRAM SUPERVISI TAHUN PELAJARAN 2012/2013


PROGRAM SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013









DISUSUN OLEH :
………………………………………..
KEPALA SD………………












PEMERINTAH KAMPAR
DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
UPTD DIKPORA TAPUNG HILIR
2012









KATA PENGANTAR

Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Negeri ……………….

Program Supervisi Tahun 2012/2013 pada SD Negeri ………….. ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi tahun 20102/2013 ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.

Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi sekolah.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan Program Supervisi Tahun 2011/2012 ini terutama Pengawas Pembina yang memberi masukan bagi terwujudnya Program Supervisi ini.

                                                                                    Kotagaro,…………………..
Mengetahui :
Pengawas Pembina                                                  Kepala ……………………



M O N O, M.Pd                                                          ............................................
NIP.19680106 200009 1001                                       NIP.

DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL                 ......................................................................................

KATA PENGANTAR  .................................................................................................

DAFTAR ISI                            ......................................................................................

BAB 1. PENDAHULUAN       ......................................................................................
            a. Latar Belakang        ......................................................................................
            b. Landasan Hukum   ......................................................................................
            c. Tujuan                     ......................................................................................
            d. Ruang Lingkup        ......................................................................................

BAB 2. ANALISIS HASIL SUPERVISI TAHUN 2011/2012 ......................................
            a. Analisis Hasil Supervisi Akademis Tahun 2011/2012      ..........................


BAB 3. RENCANA PELAKSANAAN SUPERVISI TAHUN 2012/2013        ..........
            a. Rencana Supervisi Akademis Tahun 2012/2013  ................................
            b. Rencana Supervisi Internal Manajerial Tahun 2012/2013 .....................
            c. Jadwal Kegiatan Supervisi Akademis Tahun 2012/2013   .....................
            d. Jadwal Kegiatan Supervisi Internal Manajerial Tahun 2012/2013 ..........

BAB 4. PENUTUP                  ......................................................................................

LAMPIRAN
            Instrumen Supervisi















BAB 1
P E N D A H U L U A N

  1. Latar Belakang.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 menyatakan bahwa seorang Kepala Sekolah harus menguasai Standar Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri atas : kompetensi kepribadian, kompetensi manajerial, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahaan dan kompetensi sosial.

Penjabaran kompetensi supervisi pada intinya adalah supervisi akademis dimana langkah-langkah yang dilakukan adalah merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru, melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalismenya.

Mencermati hasil analisis Program Supervisi Tahun 2009/2010 pada SD Negeri ............... secara umum ditemukan beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki bagi peningkatan kualitas pembelajaran sekaligus peningkatan profesionalisme guru, seperti :  pengembangan indikator dan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran yang belum variatif, lemahnya penguasaan guru dalam model-model pembelajaran aktif , dan sebagainya.

Karena itu dalam rangka melaksanakan tugas Kepala Sekolah sebagai Supevisor/Penyelia maka perlu disusun program supervisi yang secara menyeluruh dan sistematis menjabarkan rencana kegiatan yang akan dilakukan serta apa tindak lanjut dari hasil supervisi setelah kegiatan dilakukan agar terjadi perbaikan yang signifikan dalam kegiatan akademis di SD Negeri ...................

  1. Landasan Hukum.

    1. Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
    3. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
    4. Permendiknas RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi  Kepala Sekolah / Madrasah
    5. Permendiknas RI Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
    6. Permendiknas RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan

  1. Tujuan.

Penyusunan Program Supervisi Tahun 2010/2011 pada SD Negeri................ ini bertujuan sebagai berikut :

    1. Acuan bagi pelaksanaan kegiatan supervisi di lingkungan SD Negeri .......................
    2. Meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pendidik
    3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran yang bermuara pada peningkatan kualitas tamatan.
    4. Selain supervisi akademis , program supervisi ini juga dilengkapi dengan supervisi manajerial pada setiap unit kegiatan di lingkungan SD Negeri.............. yang merupakan supervisi internal dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan unit kegiatan dan administrasi sekolah


  1. Ruang Lingkup.

Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun 2010/2011 pada SD Negeri ................ adalah :

    1. Supervisi Akademis :
·         Pengembangan Silabus/Perumusan Indikator
·         Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran
·         Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
·         Pelaksanaan Pembelajaran
·         BK/Pengembangan Diri
    1. Supervisi Internal Manajerial :
·         Administrasi Tata Usaha
·         Kurikulum
·         Kesiswaan/Ekstra Kurikuler
·         Sarana/Prasarana
·         Perpustakaan
·         Koperasi Sekolah/Koperasi Siswa
·         Lingkungan/Budaya Sekolah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar